Ads Top

peluang bisnis tour & travel



KARYA ILMIAH
PELUANG BISNIS TENTANG
Peluang bisnis Tour & Travel.



di susun oleh :

Nama        :Dwi saputra

      Kelas          : S1 TI 05

       NIM          : 16.11.0272





UNIVERSITAS  AMIKOM YOGYAKARTA


ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan pesat teknologi maka peluang untuk melakukan bisnisi Tour & Travel semakin terbuka lebar. Menggunakan Sistem Online Penjualan tiket yang sebagian besar mempermudah kita untuk segera memulai bisnis tersebut. Ditambah program affiliasi dengan Wholeseller untuk Paket Tour tertentu mempermudah kita dalam menjalankan bisnis ini. Tak perlu modal pula karena kita dapat dianggap sebagai makelar sehingga kita hanya meneruskan uang dari pembeli kepada penyedia tiket / wholeseller paket tour, setelah dipotong keuntungan untuk kita tentunya. Penulis menyusun karya ilmiah ini berdasarkan pengalaman pribadi menjalankan bisnis serupa serta artikel-artikel yang dapat ditemui melalui internet.

















BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Mobilitas kehidupan manusia berubah drastis sejak revolusi industri tahun 1700 an . Yang dahulunya melalui proses panjang dan rumit, kini dituntut serba instant dan cepat.  Salah satu yang paling menonjol adalah transportasi. Bila anda hidup sebelum abad 19, perjalanan surabaya – jakarta bisa ditempuh berhari – hari. Namun sekarang jangankan ke jakarta, pergi dari indonesia ke eropa sehari tiga kali dapat anda lakukan.  Tidak heran kalau sekarang banyak orang pergi ke luar negri sekedar untuk shoping atau liburan.
Dari hobi bepergian tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuka jasa perjalanan. Selain lebih praktis, melakukan perjalanan lewat jasa memiliki beberapa fasilitas yang memudahkan anda. Contohnya seperti makan, minum dan tempat menginap. Paket yang disediakan Jasa perjalanan ( Tour  & Travel ) juga bermacam – macam mulai paket untuk ibadah seperti perjalanan haji sampai paket keliling dunia. Prospek bisnis Tour  & Travel sangat menjanjikan. Pertahun saja ada puluhan ribu umat muslim indonesia yang melakukan perjalanan haji ke mekah. Belum lagi kaum sosialita yang hobi keliling dunia atau mahasiswa yang ingin pulang kampung. Dari gambaran diatas tentu anda dapat melihat besarnya peluang di bisnis ini.
Peluang bisnis tour and Travel masih sangat terbuka lebar. Potensi bisnis ini juga masih sangat menjanjikan. Meski saat ini persaingan semakin sengit. Namun tetap saja, potensi pasar yang sangat besar membuat peluang usaha travel layak dilirik. Apalagi bagi kita yang memiliki modal pas-pasan.
Dulu, para pelaku bisnis ini harus menyiapkan modal ratusan juta rupiah untuk bisa memulai-nya. Tiket pesawat juga harus diprint dan pelanggan harus datang ke kantor travel agent untuk mendapatkan tiket-nya. Nah, berkat perkembangan dan pemanfaatan teknologi, kini siapa saja bisa dengan mudah untuk mengambil peluang bisnis ini.
B.Rumusan Masalah
Apa yang dimaksud dengan Tour & Travel.
Keunggulan serta tantangan usaha Tour & Travel.
Memulai dan menjalankan usaha Tour & Travel.

C.Maksud dan Tujuan
Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah:
Pemenuhan tugas mata kuliah lingkungan bisnis UNIVERSITAS AMIKOM.
Melatih untuk membuat karya tulis ilmiah.
Memberikan informasi mengenai Tour & Travel.
Memberikan masukan kepada masyarakata yang ingin memulai bisnis Tour & Travel.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Apa yang dimaksud dengan bisnis Tour & Travel.
Dalam agen tour & travel, pastilah memiliki tugas yang tidak lepas dari perjalanan wisata. Tugas-tugas dari agen tour and travel itu sendiri antara lain.
Mengurusi dokumen perjalanan.
Menjadi perantara pemesanan akomodasi, rumah makan atau restaurant, sarana untuk berwisata dan lain sebagainya.
Menjual paket wisata yang sudah dibuat atau ditawarkan oleh biro perjalanan umum.
Menjadi salah satu perantara pemesanan tiket.
Dengan demikian, sudah pasti tour and travel tidak akan terlepas dari semua hal yang diperlukan di saat liburan. Selain itu untuk mengetahui apa itu agen tour and travel?Ada lagi fungsi dari agen tour and travel yang bisa memperjelas definisi atau pengertian dari agen tour and travel.
Fungsi dari agen tour and travel ini dibedakan menjadi 2 macam, yaitu.
Sebagai perantara. Dalam hal ini fungsi agen tour and travel sebagai perantara dibagi menjadi 2, yaitu :
Di daerah asal para wisatawan atau pelanggan. Fungsinya antara lain untuk melengkapi informasi yang jelas dan terperinci bagi para wisatawan, memberikan advis bagi para wisatawan dan tentunya menyediakan tiket sesuai tujuan dan sesuai dengan keinginan wisatawan atau pelanggan.
Di daerah tujuan para wisatawan atau pelanggan. Fungsinya antara lain membantu para wisatawan atau pelanggan untuk melakukan reservasi, menyediakan tranportasi yang dibutuhkan wisatawan atau pelanggan, mengatur segala hal yang akan direncanakan, menjual dan memesan tiket yang dibutuhkan di daerah tujuan dan tentunya memberikan informasi secara lengkap kepada para wisatawan atau pelanggan.
Sebagai organisator atau pengatur. Karena agen tour and travel sebagai perantara, berarti agen tour and travel harus mengorganisasi segala hal yang dibutuhkan saat perjalanan ataupun saat berwisata. Jadi, semua hal yang dibutuhkan dan tujuan kemana obyek wisata yang akan dikunjungi harus sudah direncanakan dengan matang oleh agen tour and travel.


B. Keunggulan usaha Tour & Travel.
Tingkat pengguna jasa pesawat terbang selalu bertambah dari tahun ke tahu. bayangkan saja, sampai saat ini pengguna pesawat terbang tercatat lebih dari 66-juta orang.
Airline berlomba-lomba menambah jumlah pesawat mereka. Hal ini bisa terjadi karena permintaan konsumen juga terus meningkat. Salah satu maskapai penerbangan nasional bahkan memecahkan rekor kontrak pembelian pesawat Bing dari Amerika.
Di bandara sudah penuh sesak dengan calon penumpang dan ada beberapa bandara yang terus meningkatkan kapasitasnya.
Saat ini pesawat terbang bukanlah barang mewah, segmentasi pasarnya sudah mengena ke hampir semua lapisan masyarakat. Apalagi diera sekarang, orang sangat menghargai waktu melebihin uang.
Penjualan yang selalu stabil dan pasti meningkat pesat pada saat high season.
Selain tiket pesawat masih banyak produk tour and travel yang bisa Anda pasarkan. Mulai dari paket liburan, voucher hotel, tiket kapal dan keret api, tiket bus, jasa rental mobil, antar jemput bandara, dan masih banyak lagi. Berbagai produk tersebut bisa dijual secara bersamaan dengan bisnis tiket pesawat.
Seperti bisnis lainnya, untuk sukses menjalankan bisnis travel agent dibutuhkan kerja keras. Meski modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun tetap saja bisnis ini juga membutuhkan modal awal. Meski sebagian orang sukses menjalankan usaha ini tanpa kantor, setidaknya Anda tetap harus menyiapkan minimal smartphone atau PC dan sambungan internet.
Salah satu hal yang jadi tantangan bisnis tour and travel adalah persaingan yang semakin ketat. Ketatnya persaingan yang ada, membuat siapa saja yang ingin terjun dalam industri ini berfikir keras guna menciptakan trobosan dan inovasi. Pemanfaatan teknologi mengambil peranan yang sangat mengagumkan. Sejumlah startup travel yang sukses memanfaatkan kemajuan teknologi telah berhasil meraih sukses yang sangat mencengangkan.
Meski demikian, peluang bisnis tour and travel merupakan salah satu ladang subur yang patut dipertimbangkan. Baik sebagai usaha sampingan, maupun bisnis rintisan.


Kelebihan  berbisnis  Tour  & Travel
Modal kecil dan tidak perlu keahlian kusus. Seperti yang saya katakan diatas usaha ini bermodal kecil karena sifatnya waralaba. Kecuali jika anda punya keinginan untuk mendirikan suatu perusahaan sendiri, tentu memerlukan modal besar seperti untuk membangun tempat dan membeli alat transportasi.
Keahlian yang dibutuhkan adalah management. Ya, management waktu dan uang. Oleh karena itu disarankan mempekerjakan karyawan untuk membantu tugas anda. Tapi overal tidak membutuhkan keahlian yang expert dalam suatu bidang.
Bisnis Jangka Panjang
Kebutuhan  pasar  akan jasa ini masih sangat besar. Dan setiap hari selalu ada yang bepergian. Sehingga dapat dipastikan setiap hari selalu ada peluang, orang lain mengunakan jasa anda. Sekarang tergantung bagaimana memanage, agar usaha anda dapat lebih maju kedepanya.
 Dapat Liburan Secara Gratis
Terkadang pemilik Tour and travel harus merangkap sebagai guide. Kecuali jika travel anda sudah besar dan mampu menyewa guide. Kalau tidak mau tidak mau anda harus menemani perjalanan wisata client. Tapi segi positivenya anda dapat liburan secara gratis.
Keuntungan bisnis ini tour & travel memang kecil sekitar 5 – 7 % , tergantung dari kesepakatan. Namun bila jasa anda sudah terkenal keuntunganya bisa berlipat ganda.  Jangan lupa untuk melakukan ekspansi usaha anda. Karena tanpa ekspansi usaha hanya berjalan ditempat.
C. Memulai dan menjalankan usaha Tour & Travel.
Sub bidang usaha yang dapat kita miliki antara lain :
Ticketing Pesawat
2. Ticketing Kereta Api
3. Booking Hotel
4. Paket Wisata dll.
Untuk bisa memiliki tiga dari empat sub bidang usaha tersebut kita membutuhkan yang namanya Sistem Online Penjualan. Sudah banyaks sekali Sistem Online Penjualan yang gratis dan tidak memungut biaya apapun ketika kita menggunakan jasa mereka. Bahkan kadang kita juga mendapatkan komisi berupa potongan harga dari tiket untuk anda sendiri.
Sementara untuk sub usaha Paket Wisata sendiri. Jika anda tidak memilik moda banyak anda dapat mendaftarkan diri kepada Wholeseller untuk paket wisata tertentu. Wholeseller sudah memiliki daftar paket wisata yang ada, anda tinggal Mark Up dari harga yang sudah tersedia untuk keuntungan anda sendiri. Tak mengeluarkan modal, bahkan anda bisa ikut serta paket wisata tersebut secara gratis sebagai Personnel in Charge.
Namun jika anda memiliki modal sedikit lebih banyak dan sudah memiliki banyak relasi Vendor untuk tempat-tempat wisata tertentu. Anda bisa membuat paket wisata anda sendiri. Anda bisa mengatur jadwal wisata anda, memilih sendiri lokasi mana saja yang ingin anda masukkan kedalam paket wisata anda, dan menciptakan event sendiri di dalam paket wisata anda tersebut. Misal, anda bisa membuat City Race agar peserta tour merasakan keseruan ketika berjalan-jalan di tempat tujuan wisatanya.























BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Usaha Tour & Travel dapat dibangun dengan modal, atau tanpa modal sekalipun memanfaatkan Sistem Pembelian Online serta Wholeseller Paket Tour. Yang anda butuhkan adalah kerja keras untuk bisa mempromosikan usaha anda dan tidak gampang menyerah.
Referensi

https://anytipsandtrick.wordpress.com/2016/03/05/karya-ilmiah-peluang-bisnis-tour-travel/

peluang bisnis tour & travel peluang bisnis tour & travel Reviewed by Dwi saputra on 7:33 AM Rating: 5

No comments

About

Amikom